
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sejak dilahirkan manusia dibekali dengan berbagai kompetensi. Menurut
Benyamin S. Bloom, kompetensi manusia itu dapat dipilah-pilah menjadi tiga
ranah, yaitu ranah pengetahuan, ranah psikomotor, dan ranah sikap. Pengembangan
ketiga ranah terebut
selaras dengan pengembangan kompetensi sebagaimana yang
dikembangkan dalam dunia pendidikan. Ketiga ranah tersebut akan berkembangan
apabila dikembangkan melalui berbagai kegiatan dan berbagai model kegiatan yang
bermakna, terprogram, kreatif, dan inovatif. Demikian halnya dengan siswa-siswa
Madrasah Aliyah se-BKMA Kabupaten Jombang memiliki keragaman kompetensi yang
laur biasa. Kompetensi tidak dapat dilihat dan tidak dapat berkembang bila
tidak diekspresikan dan tidak dikembangkan. Tugas besar yang harus dilakukan
oleh BKMA adalah memberikan wadah pengembangan ekspresi dan pengembangan
kompetensi tersebut, sebagaimana yang diamanatkan tujuan pendidikan nasional.
Tujuan pendidikan sesuai dengan pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu "Pendidikan Nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Sebagai wujud responsif atas undang-undang tersebut pemerintah
menerbitkan kurikulum yang dirancang untuk memberi ketrampilan dan keahlian
serta ditujukan untuk menciptakan tamatan yang kompeten dan cerdas dalam
membangun identitas budaya bangsanya. Hal ini diharapkan dapat memberikan
dasar-dasar pengetahuan, keterampilan, pengalaman belajar yang membangun
integritas sosial serta mewujudkan karakter nasional.”
Bertolak pada
tujuan pendidikan nasional tersebut, tugas madrasah (Madrasah Aliyah)
mengembangkan kompetensi anak didik semaksimal-maksimalnya, baik dalam kegiatan
intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler, maupun kegiatan lain dalam bentuk
kompetisi. Dalam hal pengembangan kegiatan intrakurikuler faktor-faktor yang
berperan penting dalam pengembangan potensi-potensi tersebut antara penyediaan
sarana prasarana, fasilitas-fasilitas
pendukung, SDM, dan faktor manajemen madrasah. Dalam hal pengembangan
ekstrakurikuler, hal penting yang berperan dalam pengembangan kompetensi anak
didik antara lain penyediaan sarana prasarana, profesionalitas pembina atau
pelatih, dan kesinambungan pembinaan. Selain kegiatan intrakurikuler dan
ekstrakurikuler, salah satu bentuk kegiatan untuk meningkatkan, mengembangkan,
mengevaluasi kemajuan dan keragaman kompetensi anak didik melalui kegiatanm
kompetisi. Salah satu bentuk kegiatan kompetisi kompetensi adalah PORSENI
(Pekan Olah Raga dan Seni). PORSENI merupakan salah satu wadah kegiatan
kompetisi kompetensi anak didik dalam bidang seni dan olah raga yang
diselengggarakan setiap dua tahun,
dilaksanakan secara baik dan bermartabat, sesuai dengan peraturan yang telah
ditetapkan.
Dalam PORSENI
kali ini telah disepakati sejumlah jenis atau bidang lomba dan pertandingan.
Dalam bidang seni akan dilombakan sebanyak enam jenis lomba, yaitu MTQ, CCQ/Fahmil
Quran, Al-banjari, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, dan Kaligrafi. Di
bidang olah raga akan dipertandingkan 6 jenis cabang, yaitu Altletik: lari 100
mater dan lari 400 meter, Tenis Meja, dan Badminton, Bola Voli, dan Catur.
Berkaitan dengan
PORSENI, BKMA Kabupaten Jombang memiliki program rutin menyelenggarakan PORSENI
dua tahun sekali. Berdasarkan hasil
musyawarah BKMA kegiatan PORSENI tahun 2012 diselenggarakan di MA. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Sebagai kegiatan yang besar, melibatkan MA se-Kabupaten Jombang,
PORSENI harus disiapkan dengan matang, melakukan koordinasi dan kerja sama
dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, pematangan konsep teknik
kegiatan, penyiapan sarana prasarana, pematangan penyiapan akomodasi, dan
pematangan penyiapan unsur lain yang terkait.
2. Dasar Pelaksanaan
a.
Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
b.
Undang-Unndang
Nomor 23 Tahun l992 tentang Kesehatan.
c.
Peraturan
Pemerintah Nomor l9 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Tujuan
a.
Menanamkan rasa ukhuwah
Islamiyah di kalangan keluarga besar MA se-Kabupaten Jombang.
b.
Mengembangkan
kompetensi siswa MA se-Jombang, khususnya dalam bidang seni dan olah raga.
c.
Mengembangkan
jiwa kompetisi secara jujur,
bermartabat, dan menjunjung tinggi jiwa kebersamaan dan persaudaraan,
serta saling menghargai dalam adu
kompetensi seni dan olah raga.
d.
Memotivasi
pengembangan program ekstrakurikuler di masing-masing Madrasah Aliyah sebagai
media pengembangan kompetensi nonakademik, khusus bidang seni dan olah raga.
e.
Meningkatkan
prestasi siswa MA se-Jombang khususnya di bidang seni dan olah raga.
f.
Merealisasikan
Program Kerja BKMA MA Kabupaten Jombang.
4. Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah “Pekan
Olah Raga dan Seni (PORSENI) Ke-1 Madrasah Aliyah Se- BKMA Kabupaten Jombang Tahun
2012”
5. Tema
Tema Porseni ke-1 tahun 2012 ini
adalah “Dengan Porseni Madrasah Aliyah se-Jombang, Kita Siapkan Generasi
Cerdas, Sehat, Bermartabat, Berkarakter dan Berakhlaqul Karimah.”
6. Waktu
dan Tempat Kegiatan
a.
Waktu Kegiatan : Senin s/d Rabu, 14 – 16 Mei 2012
b.
Tempat Kegiatan : MA. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang
7. Jenis Lomba dan Pertandingan, Jumlah Atlet/Official
A.
Cabang Seni
NO
|
CABANG LOMBA
|
JENIS
|
JENIS
LOMBA
|
|
L
|
P
|
|||
1
|
MTQ
|
L
|
P
|
Perorangan
|
2
|
CCQ/Fahmil Al-Quran
|
L/P/C
|
Kelompok
|
|
3
|
Al Banjari
|
L/P/C
|
Kelompok
|
|
4
|
Pidato Bahasa Arab
|
L/P
|
Perorangan
|
|
5
|
Pidato Bahasa Inggris
|
L/P
|
Perorangan
|
|
6
|
Kaligrafi
|
L
|
P
|
Perorangan
|
B.
Cabang Olah Raga
NO
|
CABANG LOMBA
|
JENIS
|
JENIS
LOMBA
|
|
L
|
P
|
|||
1
|
Atletik Lari 100 M
|
L
|
P
|
Perorangan
|
2
|
Atletik Lari 400 M
|
L
|
P
|
Perorangan
|
3
|
Tenis Meja
|
L
|
P
|
Perorangan
|
4
|
Badminton
|
L
|
P
|
Perorangan
|
5
|
Volly Ball
|
L
|
P
|
Kelompok
|
6
|
Catur
|
L
|
P
|
Perorangan
|
8. Rencana Kejuaraan
NO
|
BIDANG
LOMBA
|
KEJUARAAN
|
JUMLAH
|
||
I
|
II
|
III
|
|||
1
|
MTQ
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
2
|
CCQ/Fahmil Al-Quran
|
1
|
1
|
1
|
3
|
3
|
Al Banjari
|
1
|
1
|
1
|
3
|
4
|
Pidato Bahasa Arab
|
1
|
1
|
1
|
3 (Pa/Pi)
|
5
|
Pidato Bahasa Inggris
|
1
|
1
|
1
|
3 (Pa/Pi)
|
6
|
Kaligrafi
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
7
|
Lari 100 M
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
8
|
Lari 400 M
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
9
|
Tenis Meja
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
10
|
Badminton
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
11
|
Volly Ball
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
12
|
Catur
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
13
|
Badminton Kepala
Madrasah
|
1
|
1
|
1
|
3
|
J U
M L A H
|
21
|
21
|
21
|
63 + 1 Juara
Umum
|
9. Jumlah Tropi
NO
|
BIDANG
LOMBA
|
TROPI KEJUARAAN
|
JUMLAH
|
||
I
|
II
|
III
|
|||
1
|
MTQ
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
2
|
CCQ/Fahmil Al-Quran
|
1
|
1
|
1
|
3
|
3
|
Albanjari
|
1
|
1
|
1
|
3
|
4
|
Pidato Bahasa Arab
|
1
|
1
|
1
|
3 (Pa/Pi)
|
5
|
Pidato Bahasa Inggris
|
1
|
1
|
1
|
3 (Pa/Pi)
|
6
|
Kaligrafi
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
7
|
Lari 100 M
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
8
|
Lari 400 M
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
9
|
Tenis Meja (single)
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
10
|
Badminton (single)
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
11
|
Volly Ball
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
12
|
Catur
|
2
|
2
|
2
|
6 (Pa+Pi)
|
13
|
Badminton (Kepala MA)
|
1
|
1
|
1
|
3
|
J U
M L A H
|
21
|
21
|
21
|
63 + 1 Juara
Umum
|
10. Juri/Wasit/Hakim
a.
Koni (Komite Olah Raga Nasional Indonesia)
b.
PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia
c.
PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)
d.
Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia)
e.
LPTQ (Lembaga
Pengembangan Tilawah Al-Quran)
f.
Pihak-pihak yang
berkompeten
11. Peserta PORSENI
Peserta PORSENI adalah
a.
Jumlah kontingen
kurang lebih 60 Madrasah Aliyah se-BKMA Kab. jombang
b.
Atlit / peserta
porseni siswa-siswi
Madrasah Aliyah kelas X, XI dan kelas XII se-Jombang.
c.
Masing-masing Madrasah
sesuai dengan jenis lomba/pertandingan mengirimkan sebanyak-banyaknya.
d.
Dalam acara
pembukaan Porseni, masing-masing Madrasah wajib mengirimkan minimal 50 % dari
jumlah siswanya.
e.
Setiap peserta
harus didukung oleh dokumen Pas Photo (2 x 4) 2 lembar, Rapor Asli, dan foto
copy Ijazah SMP/MTs. (jika terjadi pemalsuan data akan didiskualifikasi)
f.
Ofiicial harus
didukung oleh Surat Tugas
12. Waktu dan Tempat
Pendaftaran
Waktu Pendaftaran
a.
Tanggal 20 s/d 30
Maret 2012
b.
Pukul 08.00 s/d
12.00 WIB.
Tempat Pendaftaran Setiap Wilayah :
a. Utara
:
MA. Bahrul Ulum Tambakberas Telp. 863217
b. Selatan : MA. Darul Falah Cukir Telp. 874982
Waktu Verifikasi Peserta
·
Hari Ahad, 01
April 2012, Jam 08.00 – selesai.
·
di MA. Bahrul
Ulum Tambakberas
13. Waktu dan Tempat Technical Meeting
Hari/Tanggal : Senin, 07 Mei 2012
Waktu : 13.00 WIB – selesai
Tempat :
a. Cabang Olah
Raga di MA. Wahab Hasbullah Tambakberas
b. Cabang Seni di
MA. Bahrul Ulum Tambakberas
14. Tempat Perlombaan dan
Pertandingan
NO
|
BIDANG LOMBA
|
TEMPAT KEGIATAN
|
|
1
|
MTQ
|
Aula Yayasan Bahrul Ulum
|
|
2
|
CCQ/Fahmil Al-Quran
|
Aula MA. Bahrul Ulum
|
|
3
|
Albanjari
|
Aula Yayasan Bahrul Ulum
|
|
4
|
Pidato Bahasa Arab
|
Aula
MA. I’dadiyah Bahrul Ulum
|
|
5
|
Pidato Bahasa Inggris
|
Aula
MA. I’dadiyah Bahrul Ulum
|
|
6
|
Kaligrafi
|
GOR Tambakberas
|
|
7
|
Lari 100 M
|
Lapangan
Untung Suropati Tambakberas
|
|
8
|
Lari 400 M
|
Lapangan
Untung Suropati Tambakberas
|
|
9
|
Tenis Meja
|
GOR Tambakberas
|
|
10
|
Badminton
|
GOR Tambakberas
|
|
11
|
Volly Ball
|
Lapangan
Untung Suropati Tambakberas
|
|
12
|
Catur
|
Ruang
Kelas MA. Bahrul Ulum
|
15. Upacara Pembukaan
a.
Hari : Senin
b.
Tanggal : 14 Mei 2012
c.
Pukul : 07.00 – 09.00
d.
Tempat : Lapangan Untung Suropati
Tambakberas
16. Upacara Penutupan dan
Penyerahan Tropy
a.
Hari : Rabu
b.
Tanggal : 16 Mei 2012
c.
Pukul : 15.00 – selesai
d.
Tempat : GOR Tambakberas
17. Penyelenggara Kegiatan
a.
Penyelenggara
PORSENI MA se Kabupaten Jombang tahun 20l2 adalah BKMA Kabupaten Jombang.
b.
Pelaksana PORSENI
MA Tingkat Kabupaten adalah BKMA
Kabupaten Jombang .
c.
Pelaksana Operasional adalah BKMA Kabupaten
Jombang.
18. Sumber Dana
a.
Sumber Dana Utama
(1) Kas BKMA Kabupaten Jombang
b.
Sumber Dana
Pendukung
c.
Kontribusi Kantor
Kemenag Jombang
d.
Sponsorship
19. Manfaat
a.
Kegiatan Porseni MA se-Jombang diharapkan dapat
meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaan, dan saling menhargai
b.
Hasil kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai
salah tolok ukur keberhasilan pembinaan dan pengembangan kegiatan, khususunya
kegiatan ekstrakurikuler, masing-masing MA.
c.
Hasil ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan
evaluasi diri dan sebagai landasan untuk meningkatkan dan mengembangkan
kegiatan ekstrakurikuler di masing-masing
MA.
d.
Hasil kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu
parameter untuk melihat tingkat keberhasilan pengembangan kegiatan MA se-Jombang.
e.
Hasil kegiatan
ini dapat dijadikan bahan atau dasar penyusunan program kegiatan
ekstrakurikuler MA se-Jombang.
f.
Hasil kegiatan
ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan dan meningkatkan
pelaksanan Porseni MA se-Jombang pada periode berikutnya, serta
20. Harapan
a.
Diharapkan kegiatan Porseni MA se-Jombang tahun 2012 di Jombang
ini dapat terlaksana dengan baik, dan lebih berkualitas.
b.
Semoga kegiatan semua cabang lomba dapat dilaksanakan
dengan baik, lancar, dan sukses.
0 komentar:
Posting Komentar